'Tunggu 3 Tahun Lagi, Bandara Indonesia Bakal Masuk Jajaran 100 Terbaik'

Jakarta - Perusahaan konsultan asal Britania Raya yaitu Skytrax merilis 100 bandara paling top di dunia tahun ini. Namun dari daftar itu, tak ada satupun bandara Indonesia. Meski demikian, PT Angkasa Pura II optimistis 2 bandara akan masuk ke dalam daftar tersebut 3 tahun mendatang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tri S Sunoko menuturkan, pada tahun 2016 Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Kuala Namu akan menjadi world class airport (bandara kelas dunia). Saat ini, segala pembenahan dari segi infrastruktur, pelayanan dan sektor lainnya sedang dibenahi.


"Sehingga nanti 2016 kita harapkan kalau itu bisa dijalankan dengan baik, 2016 itu ada world class airport paling tidak 2 bandara dari 13 bandara, Kuala Namu dan Soetta," tutur Tri kepada detikFinance, Jumat (12/4/2013).


Tri sangat optimistis untuk dapat mengejar capaian tersebut. Dirinya pun menargetkan pada tahun 2016 itu, kedua bandara tersebut akan masuk ke dalam jajaran 100 besar bandara terbaik di dunia.


"Kita harus optimis, harus dong. Kita harus realistis masuk antara 50-100 besar. Harus optimis," tegasnya.


Tri menyebutkan, tak mudah untuk masuk ke dalam jajaran 100 bandara terbaik menurut Skytrax tersebut. Tak hanya dari segi infrastruktur, namun juga dari segi sumber daya manusia, sistem, pelayanan, dan aspek lain. Paling tidak ada 39 poin penilaian untuk menjadi bandara terbaik di dunia.


"Syarat menjadi bandara terbaik di dunia itu tidak hanya bangunannya saja. Pelayanannya, sistemnya, ada 39 item yang dinilai oleh Skytrax. Dan itu kita harus comply semua," tutupnya.


(zul/dru)