Bahas BBM Subsidi, Jero: Sabtu-Minggu Kita Lembur di Cipanas

Jakarta - Hari libur Sabtu-Minggu pekan ini, pemerintah akan lembur di Istana Cipanas, Jawa Barat untuk membahas soal opsi yang akan dipilih guna menekan subsidi BBM yang saat ini jumlahnya ratusan triliun rupiah dan salah sasaran.

Seperti diketahui, dua opsi besar kebijakan untuk menekan subsidi BBM adalah dengan melarang mobil pribadi menggunakan bensin subsidi, namun disediakan bensin premix Ron 90 dengan harga Rp 7.000/liter. Kedua adalah menaikkan harga BBM subsidi, namun dengan memberikan kompensasi seperti bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat miskin.


Rapat Presiden SBY dengan beberapa menteri hari ini belum bisa mengeluarkan keputusan soal langkah yang akan diambil untuk menekan subsidi BBM tersebut.


"Kita rapat membahas mengenai opsi-opsi yang ada. Sudah mulai mengerucut pembahasannya. Tinggal akan dimatangkan lagi nanti hari Sabtu dan Minggu. Dua hari kita akan lembur ini di Cipanas," tutur Menteri ESDM Jero Wacik usai rapat tersebut yang diadakan di kantor presiden, Jakarta, Kamis (11/4/2013).


Jero berharap, pembahasan di Cipanas nanti akan membuahkan hasil yang tepat dan akan diimplementasikan dengan segera. "Opsi-opsi yang ada tentu opsi-opsi yang tidak ideal. Jadi, semua ada plus minusnya. Yang ditekankan oleh presiden, harus tetap menjaga kelompok yang miskin itu karena semua mengandung unsur inflasi," kata Jero.


Jadi, apapun opsi yang diambil, menurut Jero akan menimbulkan inflasi yang bisa memukul masyarakat miskin.

"Itulah yang sedang dibahas dan sudah mengerucut sekarang. Tinggal kami diminta untuk mematangkan implementasinya dan persiapan sosialisasinya. Besok malam rapat lagi di Cipanas, Sabtu sehingga bisa final pembahasan dan tinggal diumumkan," kata Jero.


(dnl/hen)