Kalau Harga BBM Naik, Pemerintah Janji Beri Kompensasi Orang Miskin

Jakarta - Pemerintah memastikan ada kompensasi kepada masyarakat miskin apabila harga BBM subsidi jadi dinaikkan. Kompensasi diberikan untuk membantu warga miskin menghadapi tekanan ekonomi karena kenaikan harga BBM.

"Kalau ada kenaikan harga BBM tentu ada kompensasi jangan sampai berdampak pada rakyat yang sudah miskin, nanti tambah berat," ujar Menko Kesra Agung Laksono usai rapat internal terbatas di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Kamis (11/4/2013).


Agung menjelaskan, rapat siang tadi bersama Presiden SBY tidak membuat keputusan, melainkan hanya pematangan-pematangan. "Belum diputuskan, nanti Menko Perekonomian saja yang mengabarkan apa yang dibicarakan tadi," lanjut Agung.


Dia mengatakan, kompensasi juga diberikan supaya warga yang tidak tergolong miskin agar tidak masuk ke golongan miskin. Untuk itu, pemerintah sangat fokus menjaga kelompok masyarakat miskin supaya jumlahnya tidak bertambah, jika opsi kenaikan harga BBM subsidi diteken pemerintah.


"Atau rakyat yang tidak miskin jadi miskin. Kalau tidak naik, yah tidak ada kompensasi," pungkasnya.


Namun bentuk kompensasi belum dibahas, tahun-tahun sebelumnya jika ada kenaikan harga BBM subsidi, pemerintah biasa memberikan kompensasi dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT).


(rvk/dnl)