Megawati: Jangan Impor Kalau Kita Sudah Punya

Jakarta - Mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri menyentil pemerintah yang selalu mengimpor pangan padahal sudah bisa diproduksi di dalam negeri. Menurutnya, jika Indonesia sudah punya pangan produksi sendiri, tidak usah impor.

"Apapun juga ini pemerintah RI saya sudah bilang, mbok jangan impor kalau kita sudah punya. Garam kita sudah punya, katanya garam Indonesia jelek nggak ada yodiumnya, saya bilang kasih yodium gitu aja kok susah," katanya di Muara Angke, Jakarta Utara, Sabtu (13/4/2013).


Selain garam, kata Megawati, banyak juga bahan pangan lainnya yang masih impor, seperti contohnya kedelai. Ia menilai, Indonesia bisa memproduksi kedelai sendiri tanpa bergantung kepada asing.


"Bahkan sampai kedelai aja impor, sampai nggal bisa beli tempe. Kedelai luar negeri itu besar-besar tapi nggak gurih, ngapain impor," ujarnya.


Malah ia menuding pemerintah telah membohongi masyarakat terkait pelaksanaan impor pangan. "Alasannya karena kita tidak bisa memproduksi sendiri, bohong itu," ujarnya.


(ang/feb)