Minggu Depan, Gita Temui Hatta Bahas Kuota Daging Impor

Jakarta - Masih mahalnya harga daging saat ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah khususnya Kementerian Perdagangan. Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyampaikan akan bertemu dengan Menko Perekonomian Hatta Rajasa minggu depan untuk membicarakan masalah kuota impor daging sapi.

"Kalo soal ini nanti kita akan sampaikan ke Menko Insya Allah awal minggu depan, hari Senin atau Selasa agar ada penurunan harga di daging," ungkap Gita saat berdiskusi dengan media di Kantor Kemennterian Perdagangan Jakarta, Jumat (12/04/2013).


Ia mengakui, harga daging sampai saat ini masih tinggi. Bahkan menurutnya di beberapa pasar, harga daging masih berkisar antara Rp 95.000-100.000/kg.


"Di beberapa pasar harganya masih Rp 98 ribu-100 ribu/kg. Tentunya di Jawa Tengah dan Bali masih Rp60-70 ribu/kg. Cerminan harga bisa dilihat dari suplai dan demand-nya," imbuhnya.


Sampai saat ini, ia mengklaim jumlah penyerapan daging impor baru mencapai 25% dari kuota yang diberikan. Sehingga ia membenarkan penyerapan yang rendah ini membuat harga daging masih sangat tinggi. Selain itu, pihaknya juga akan memonitori kemungkinan adanya pelanggaran mekanisme pembelian yang dilakukan Horeka.


"Kuota untuk satu tahun 80 ribu ton ini sudah lebih 20 ribu ton di kuartal pertama. Ini sangat mendukung kenaikan harga daging sapi. Kita harus pilah lagi dari tipe-tipe daging seperti wagyu, primecar (daging premium). Jadi harus tahu keperluan Horeka agar mereka tidak kesulitan mendapatkan ini dan jangan sampai mereka turun ke pasar becek padahal ini sangat dibutuhkan masyarakat luas sehingga langka ini yang memicu inflasi. Ini harus dijaga," jelasnya.


(wij/ang)