Ahli Fengshui: Angka 4 dan 13 Dianggap Angka Sial, Itu Mitos!

Jakarta - Anggapan angka 4 dan 13 merupakan angka sial dan harus dihindari ternyata dibantah langsung oleh Master of Fengshui Art Indonesia Yohan Suyanha. Menurutnya, anggapan itu hanyalah mitos belaka.

Kenyataannya, tidak ada pengaruh atas angka tersebut, apalagi efek buruk terhadap penghuninya. “Semua angka baik tergantung cara kita memandangnya. Enggak ada angka jelek, kalau angka 4 dan 13 angka jelek, kenapa masih ada angka 4 dan 13 sampai sekarang. Itu mitos saja,” kata Yohan saat dihubungi detikFinance, di Jakarta, Jumat 912/4/2013).


Yohan menjelaskan, dalam kehidupan ini selalu ada plus dan minusnya, baik dan buruknya termasuk menentukan angka. Semua itu bisa disikapi dengan cara pandang yang positif agar tidak menjadi pengaruh buruk di masyarakat.


Selama ini, lanjut Yohan, kebanyakan orang menganggap jika angka 4 dan 13 diyakini sebagai angka sial. Hal itu tidak bisa dibuktikan dengan secara ilmiah karena memang tolak ukurnya tidak ada.


“Itu mereka hanya melihat dan membaca di buku kemudian disimpulkan sendiri dan diterapkan di lapangan. Tapi sebenarnya tidak begitu. Fengshui kan mempelajari ilmu arsitektur China bukan mitos jadi ya hubungannya dengan desain bangunan dan arsitek,” cetusnya.


(ang/ang)