Meningkat, Jumlah Turis Jepang ke Indonesia

Tokyo - Minat warga Jepang untuk mengunjungi Indonesia terus meningkat dalam dua tahun terakhir. Tahun lalu, jumlah pengunjung asal Negeri Matahari Terbit mencapai hampir setengah juta orang.

Sebagai perbandingan, di tahun 2011 tercatat ada 414.817 orang Jepang melawat ke Indonesia, setelah di tahun sebelumnya 'hanya' 375.552 orang.


Tahun 2012, menurut data APTEC, World Tourism Statistics dan Badan Pusat Statistik Indonesia, angka itu kembali meningkat menjadi 445.066 orang.


Di daftar wisatawan mancengara ke Indonesia, Jepang ada di peringkat kelima setelah Singapura, Malaysia, Australia, dan China.


“Supaya jumlah kunjungan itu terus menanjak, kita harus menangkap potensi ini dengan menambah frekuensi penerbangan dari Jepang ke Indonesia. Apalagi jumlah wisatawan Indonesia ke Jepang pun mengalami peningkatan,” ujar Direktur Utama PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA), Emirsyah Satar, di Tokyo, Jepang, Jumat (12/4/2013) waktu setempat.


Menurutnya, tahun lalu turis Indonesia ke Jepang berjumlah 101.498 orang, atau naik sekitar 63% dari tahun sebelumnya (2011), yang hanya berjumlah 61.911 orang.


Dijelaskan Emir, dari data tersebut lebih dari 60% kunjungan turis Jepang ke Indonesia melibatkan maskapai penerbangan yang ia pimpin.


“Kami telah mengoperasikan penerbangan rute Jepang dari tahun 1962, dan saat ini sudah ada tiga direct flight untuk ke Tokyo melalui bandara Narita dan Haneda, serta Osaka (melalui bandara Kansai). Tahun lalu kami mengoperasikan total 28 flight per minggu ke Jepang, dan dalam waktu dekat ini kami akan tambah lagi, terutama untuk rute Osaka,” jelas Emir.


Selain menambah penerbangan, upaya lain yang dilakukan Garuda adalah melibatkan tenaga kerja dari Jepang. Tahun lalu, dari total 2.1983 kru kabin, 45 di antaranya merupakan warga negara Jepang, dan mereka berpakaian ala Indonesia, seperti kebaya dan bawahan batik.


“Tahun ini kita akan tambah 15 orang lagi. Tujuan utamanya adalah untuk better communication dalam pelayanan kami,” imbuh Emir.


Daerah dan lokasi wisata di Indonesia yang menjadi favorit turis Jepang antara lain Bromo, Danau Toba, Bali, Rajaampat, Toraja, Yogyakarta, candi-candi di Jawa Tengah, daerah pegunungan di Jawa Barat, serta konservasi Orangutan di Kalimantan dan Komodo di Nusa Tenggara, serta Kepulauan Seribu.


(a2s/ang)