Mari Elka Lolos Tahap 1 Pencalonan Dirjen WTO

Jakarta - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan memberikan penjelasan soal nasib Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu yang mencalonkan diri menjadi Dirjen WTO. Menurut penjelasannya, Mari Elka akhirnya lolos seleksi awal dan siap bertarung di tahapan selanjutnya.

"Bu Mari (Mari Elka) lolos, satu dari lima salah satunya Bu Mari. Lima orang lolos dan kandidat lainnya dari Meksiko, Brasil, Selandia Baru dan Korea Selatan," ungkap Gita di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Jumat (12/04/2013).


Menurutnya, peluang Mari Elka menjabat sebagai Dirjen WTO sangat terbuka. Hal ini didukung dari pengalamannya saat ia menjabat sebagai menteri perdagangan dan berkecimpung di organisasi dunia salah satunya WTO.


"Saya rasa cukup tidak kecil peluangnya tinggal bagaimana nanti perjuangannya ke depan. Tinggal bagaimana bisa menjelaskan postur kebijakan kita ke depan bagaimana. Selain itu bagaimana ia bisa menjembatani antara negara maju, negara beerkembang dan negara miskin," katanya.


"Potensi beliau lama sebagai menteri perdagangan dan pengalamannya di organisasi tingkat internasional juga termasuk WTO serta menguasai Indonesia dalam kotak perekonomian internasional juga," imbuhnya.


Namun ia juga berharap agar pengalaman ini bisa dimaksimalkan oleh Mari Elka. Pasalnya ke empat calon yang lolos bersamanya juga mempunyai kemampuan serupa.


"Tetapi calon-calon lainnya mempunyai pengalaman yang bagus juga," sahutnya.


(wij/ang)