Pemerintah Siapkan Rapor Khusus Bagi PNS

Jakarta - Seiring dengan kenaikan gaji para Pegawai Negeri Sipil (PNS), pemerintah berharap ada kenaikan kinerja yang signifikan. Pemerintah berencana untuk menyiapkan rapor pribadi untuk para PNS dalam mendeteksi kinerjanya.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB) Azwar Abubakar di sela-sela agenda Musrenbangnas 2013 di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (30/4/2013).


"Kita lagi mempersiapkan kinerja individu. Jadi setiap orang itu dinilai, jadi kita persiapkan. Seperti rapor pribadi," ujarnya.


Ia menjelaskan, aturan tersebut akan segera dirancang. Kemudian akan diserahkan ke setiap Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengawasi kinerja PNS per individu.


"Itu nanti masing-masing pemda lah," tegasnya.


Beberapa poin yang akan dimasukan dalam rapor itu adalah terkait disiplin dan kemampuan. "Untuk PNS itu kan macam-macam caranya disiplin, kemampuan, kinerja dinilai," jawab Azwar.


Ia mengatakan kenaikan gaji dan tunjangan merupakan hal rutin setiap tahunnya. Namun, meski demikian tetap harus ada pantauan kinerja.


"Tetap saja harapan kita bagus kan. Biar bisa terus diperbaiki," katanya.


(dru/dru)