Hatta: Proyek MRT Sejak Saya Jadi Menhub, Akhirnya Bisa Jalan

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa sangat senang mendengar proyek Mass Rapid Transit (MRT) sudah dimulai. Ia menyatakan transportasi massal tersebut adalah impiannya sejak menjabat Menteri Perhubungan.

"Karena ini sejak jaman saya menteri perhubungan. Saya mengharapkan ini bisa jalan," ungkap Hatta di kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2013)


Pasalnya, Ia mengakui dari negara-negara berkembang yang ada, hanya Indonesia yang tidak memiliki transportasi cepat ini. "Sebagai negara yang dikategorikan negara berkembang, negara emerging, itu cuma kita yang nggak punya MRT itu," jelasnya.


Padahal menurut Hatta secara kebutuhan, DKI Jakarta sangat layak menggunakan MRT. Dari segi kuantitas penduduk pada siang hari di ibukota sebesar 12 juta jiwa.


"Padahal penduduk Jakarta ini kalau siang 12 juta jangan-jangan, kalau malam 10 juta. mobilitas di subuh di sekitar Jakarta luar biasa. Kalau tak pakai MRT bagaimana," pungkasnya.


Dalam MRT, Hatta menilai juga ada andil pemerintah pusat yang telah menaikan porsi pembiayaan. "Saya sendiri sebagai Menko juga memimpin untuk menaikkan porsinya pemerintah dari 41% ke 49% karena saya sungguh ingin agar MRT itu terwujud," pungkasnya.


(dru/dru)