Susah Cari Tanah di Jakarta, BUMN Bangun Properti 'Keroyokan'

Jakarta - Lahan di Jakarta makin terbatas dan mahal untuk dijadikan proyek-proyek properti. Beberapa BUMN berniat bersama-sama alias patungan membuat sebuah proyek properti terjangkau di ibukota.

Presiden Direktur Hutama Karya Realtindo Putut Ariwibowo mengatakan, BUMN yang mempunyai lahan di ibukota akan diajak bekerjasama untuk membangun proyek properti.


"Kalau saya begini, kalau ada tanah BUMN makanya kita coba bangun bareng-bareng nantinya kalau ada lahan-lahan kita mau jadikan rumah murah," ungkap Putut saat ditemui pada pameran REI Expo di JCC Senayan Jakarta, Sabtu (4/5/2013).


Anak usaha Hutama Karya ini masih terus mematangkan ide pembangunan proyek properti BUMN dan sudah ditanggapi oleh beberapa BUMN besar. "Belum koordinasi secara lebih luas, tetapi beberapa sudah ada yang sepakat dengan kita. Nanti saya kasih tahu karena mereka masih mematangkan ide ini. Itu yang kita akan gabung dengan BUMN besar yang lainnya yang masih punya lahan besar di Jakarta," katanya.


Saat ini, Hutama Karya Realtindo sudah mempunyai proyek apartemen di kawasan Cawang, Jakarta Timur. Pihaknya saat ini sedang membangun 1 tower apartemen berisi 600 unit hunian yang dipasarkan dengan harga Rp 500 juta hingga Rp 1,2 miliar.


"Kita sudah siapkan Apartemen di Cawang dengan harga Rp 500 hingga Rp 1,2 miliar. Saat ini 60% sudah terjual sedangkan fisiknya sudah 20%. Kita bangun 1 tower dengan 600 unit. Target selesai September 2014 dengan nilai investasi Rp 300 miliar," jelasnya.


(wij/dnl)