Kini Jaringan ATM Seluruhnya Terkoneksi, Meski Masih Terbatas

Jakarta - Jaringan ATM Alto, Artajasa (ATM Bersama), dan Prima kini bisa saling terhubung meskipun belum maksimal. Ketiga penyedia jasa jaringan ATM untuk bank ini siap melaksanakan nota kesepahaman (MoU) interkoneksi switching ATM.

"Hari Senin (6/5/2013) nanti akan ada MoU antar switching ATM. Intinya memudahkan nasabah dalam bertransaksi antara jaringan ATM," ungkap salah satu staf yang bekerja di Artajasa, Jumat (3/5/2013).


Ia menjelaskan, nantinya bank-bank yang tergabung dalam jaringan ATM Alto, Artajasa dan Prima bisa saling bertransaksi seperti transfer dana hingga tarik tunai. Namun, harus melalui sebuah terminal atau mesin ATM yang sudah terintegrasi juga. Jadi, dengan kata lain bukan seluruh bank kini terkoneksi namun hanya jaringannya saja.


"Sebut saja saat ini BNI (Bank Negara Indonesia) kan belum bisa transfer ke BCA (Bank Central Asia) secara langsung. Besok Senin jadi bisa, asalkan dilakukan di terminal ATM yang sudah terintegrasi," tuturnya.


Jika nasabah BNI ingin transfer ke nasabah BCA dengan kartu ATM BNI, maka nantinya harus mencari ATM yang berlogo ATM Bersama dan ATM Prima.


"BNI kan tergabung dalam ATM Bersama, nah BCA kan tergabung dalam ATM Prima nanti bisa saling transfer jika dilakukan di bank yang menjadi member ATM Bersama dan ATM Prima seperti di ATM Bank BTN atau BTPN. Karena ATM bank BTPN dan BTN sama-sama tergabung dalam jaringan ATM Prima dan ATM Bersama," terang staf tersebut.


Saat ini terdapat 82 bank yang tergabung dalam ATM Bersama, 52 bank tergabung dalam jaringan Prima dan 15 Bank dalam jaringan Alto. Nota kesepahaman tersebut nantinya langsung disaksikan oleh Gubernur BI Darmin Nasution dan bank-bank yang tergabung dalam ketiga jaringan tersebut.


(dru/dnl)