Jakarta Great Sale Bidik Wisatawan Belanja Malaysia Hingga Timur Tengah

Jakarta - Indonesia memiliki potensi yang tinggi dalam hal wisata belanja sehingga menarik wisatawan asing mau berbelanja di Indonesia. Perhelatan akbar Jakarta Great Sale 2013 diantaranya membidik wisatawan belanja dari Negeri Jiran hingga negara-negara Timur Tengah.

"Banyak turis asing datang untuk berbelanja ke Indonesia jadi bukan hanya Singapura yang jadi tujuan wisata belanja. Coba lihat kalau Jumat, Sabtu, Minggu itu di Thamrin City Tanah Abang, isinya orang Malaysia semua yang belanja," kata Wakil Ketua Panitia Jakarta Great Sale 2013 Ellen Hidayat usai acara konferensi pers, di Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (3/5/2013).


Ia mengatakan, biasanya produk-produk yang diserbu orang Malaysia adalah pakaian muslim dan mukenah. "Mereka sering banget tuh belanja di ITC. Mereka sukanya beli baju-baju muslim. Kata mereka produk kita bagus-bagus," ujarnya.


Ellen menambahkan belum lama ini pihaknya melakukan studi banding ke Malaysia terkait produk-produk belanja yang ada disana. Menurutnya, produk Indonesia masih jauh lebih menarik dibanding yang ada di Malaysia. Untuk itu, pihaknya yakin jika Indonesia masih akan menarik wisatawan asing untuk berbelanja dalam negeri.


"Kita sudah pernah studi banding di Malaysia. Produk Indonesia nggak kalah sama mereka. Untuk great sale kali ini bisa lebih baik dan harga-harga di Jakarta bisa lebih murah dari negara lain," kata dia.


Pihak panitia akan melakukan promosi hingga ke Timur Tengah (Timteng) untuk bisa menggaet wisatawan asing. Selama ini masyarakat Timteng jauh memiliki daya beli yang sangat tinggi 10 kali lipat dibandingkan wisatawan asing negara lainnya.


"Apalagi orang Timteng itu gila belanja. Mereka uangnya itu banyak. Mereka suka belanja bisa 10 kali lipat dari negara lain porsi belanjanya," kata Ellen.


(hen/hen)