Pemerintah Pede Harga Daging Sapi Bisa Turun ke Rp 70.000/Kg

Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Gunaryo yakin harga daging sapi akan kembali ke harga normal mencapai Rp 70.000 hingga Rp 85.000 per kg. Saat ini harga daging sapi di pasar tradisional dan pasar moderen di Jakarta masih di atas Rp 90.000/Kg.

"Harga daging bisa turun. Range keseluruhan bisa di harga Rp 70.000 sampai Rp 85.000 di tingkat konsumen. Itu harga minimal," kata Gunaryo saat ditemui di kantornya, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (3/5/2013).


Ia mengatakan, secara rata-rata keseluruhan, harga daging sapi saat ini dinilainya masih stabil tinggi. Hal itu yang membuatnya yakin jika harga daging akan mengalami penurunan.


"Daging sekarang sudah stabil kalau dilihat dari range harga keselurhan, paling tidak nggak naik lagi," katanya.


Terkait hal itu, pihaknya berharap jika harga harga daging baik di tingkat konsumen maupun peternak bisa stabil. "Kita harapkan harga di tingkat konsumen rata-rata Rp 70.000 sampai Rp 85.000 dan di tingkat peternak jangan terlalu jatuh," ujarnya.


Di samping itu, Gunaryo memastikan jika harga daging sapi menjelang Puasa dan Lebaran tidak akan naik melebihi angka Rp 100.000 per kg. "Kita pastikan Ramadhan dan Lebaran harga daging terkendali dan terjangkau. Kalau pun ada kenaikan tidak akan terlalu tinggi," kata dia.


(hen/hen)