Sebelum Jokowi, Setahun Lalu Foke Juga Pernah Luncurkan Proyek MRT

Jakarta - Dimulainya proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta bisa jadi kabar baik bagi warga DKI Jakarta dan sekitarnya, rencananya Gubernur DKI Jakarta Jokowi hari ini (1/5/2013) akan meluncurkan proyek transportasi massal tersebut di Bundaran HI.

Namun setahun lalu kegiatan sejenis sebenarnya sudah dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta terdahulu, Fauzi Bowo alias Foke.


Pada 26 April 2012, Foke melaksanakan Pencanangan Pekerjaan Persiapan Pembangunan MRT Jakarta. Acara pencanangan ini dilaksanakan di area Stadion Lebak Bulus Jakarta Selatan.


Pada waktu itu Foke menyatakan secara resmi dimulainya pekerjaan-pekerjaan persiapan seperti:



  • Pemindahan terminal Lebak Bulus

  • pemindahan stadion Lebak Bulus

  • pemindahan ultilitas

  • pelebaran jalan Fatmawati

  • pembangunan kantor proyek MRT




Rencana awalnya pekerjaan-pekerjaan tersebut dilaksanakan oleh dinas terkait di jajaran Pemprov DKI Jakarta dan ditargetkan selesai sebelum pembangunan MRT dimulai awal tahun ini. Hingga kini yang sudah mulai terlihat terlaksana adalah kegiatan sebagian pelebaran Jalan Fatmawati.

"Cerita tentang MRT di Indonesia, awalnya hanyalah seperti sebuah mimpi. Tapi kini, mimpi itu sepertinya akan menjadi kenyataan karena selama hampir dua puluh tahun terakhir, pemerintah baik pusat maupun Pemprov DKI Jakarta, secara serius memikirkan untuk menghadirkan MRT sebagai sebuah pilihan moda transportasi publik yang efisien, nyaman, dan ramah lingkungan," kata Foke pada waktu itu dikutip dari situs resmi PT MRT Jakarta, Kamis (2/5/2013)


Foke telah menginstruksikan kepada PT MRT Jakarta untuk tetap mempertahankan akhir tahun 2016 sebagai target beroperasinya MRT Jakarta.


"Saya meminta kepada PT MRT Jakarta agar membagi pekerjaan dalam beberapa paket sehingga target tersebut dapat tercapai," kata Foke waktu itu.


Di era Gubernur Jokowi, MRT ditargetkan selesai tahun 2017. Jokowi menggadang-gadang semenjak pelantikan direksi PT MRT Jakarta yang baru beberapa pekan lalu, argo penyelesaian proyek ini mulai berjalan.


"Besok pagi atau bulan depan mau mulai silakan. Tapi pada tahun 2017 harus sudah selesai," kata Jokowi kemarin.


(hen/dru)