Jokowi-Ahok Mau Bangun Parkiran Bawah Tanah di Monas, untuk Apa?

Jakarta - Pemerintah provinsi DKI Jakarta berencana membangun parkiran bawah tanah di wilayah Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Ini dilakukan untuk memfasilitasi pengguna mass rapid transit (MRT) atau TransJakarta, agar kemacetan di tengah kota berkurang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama (Ahok) mengatakan, rencana pembangunan ruang bawah tanah, termasuk untuk parkir ini akan segera didiskusikan bulan ini, sejalan dengan dimulainya proyek MRT.


"Kan kita udah mulai mau bangun MRT nih dari Bundaran HI. Kita bisa bayangkan kalau dari Bundaran HI ditarik sama Monas itu ada ruang bawah tanah untuk bangun properti. Tapi kita nggak mau kasih swasta, mesti kita yang kuasai. Kita ingin diskusikan nanti dengan Pak Gubernur," tutur Ahok di Balai Kota, Jakarta, Jumat (3/5/2013).


Ahok mengatakan, rencana pembangunan parkir bawah tanah ini tidak akan mempengaruhi ketersediaan air baku di bawah tanah. "Di Hong Kong semua begitu. Ya kita mainnya sudah bawah, bukan atas lagi. Jadi mainnya di bawah, parkiran mobil juga semuanya di bawah. Jadi orang bisa parkir, terus naik MRT, naik TransJakarta begitu," papar Ahok.


Rencana ini paling telat akan dibahas pada akhir Mei ini. Anggaran pembangunan ini tidak akan menggunakan APBD, tapi Pemprov DKI akan mengerahkan BUMD untuk mengerjakan proyek tersebut.


(dnl/hen)