BBM Belum Naik, Harga Kebutuhan Pokok Sudah Melonjak 15%

Jakarta - Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengungkapkan harga-harga kebutuhan pokok di pasar tradisional sudah naik 15%. Hal ini akibat rencana kenaikan harga BBM subsidi yang hingga kini tak kunjung direalisasikan.

"BBM belum juga naik, harusnya pemerintah jangan woro-woro (pengumuman) dulu kalau memang belum naik, karena sekarang harga bahan kebutuhan pokok sudah naik 15%," kata Sarman ketika ditemui di acara diskusi Implikasi Kenaikan Harga BBM subsidi terhadap prospek dunia usaha di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jumat (3/5/2013).


Dikatakan Sarman, akibat isu-isu BBM subsidi juga membuat banyak angkutan kota (angkot) sudah memodifikasi tangki bahan bakarnya.


"Angkot sudah banyak yang modifikasi tangki BBM nya yang harusnya kapasitas 45 liter menjadi 100 liter, mereka lebih untung jualan BBM dari pada angkut penumpang," ujarnya.


Sarman berharap pemerintah benar-benar menyiapkan segala sesuatunya baru mengumumkan kenaikan harga BBM. "Agar masyarakat tidak berspekulasi, ini nanti harga BBM naik lagi ya harga bahan kebutuhan naik tinggi lagi," tandasnya.


(rrd/hen)