Jokowi Yakin Proyek MRT Tak Mangkrak Seperti Jalan Layang Casablanca

Jakarta - Hari ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek mass rapid transit (MRT) untuk rute Bundaran HI-Lebak Bulus. Jokowi yakin proyek ini tidak akan mangkrak seperti proyek jalan layang Casablanca atau jalan non tol Tanah Abang-Kampung Melayu.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat melakukan soft launching proyek MRT di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (2/5/2013).


"Nggaklah (tidak akan mangkrak), yang jalan layang itu saja mau kita rampungkan kok, masa ini ngomongin begitu," kata Jokowi dengan gayanya yang khas sambil tersenyum.


Proyek ini akan dikerjakan bertahap. Tiga paket dalam tahap pertama akan dilakukan dari Blok M hingga Bundaran HI. Meskipun telah diresmikan hari ini, Jokowi memeberikan kewenangan sepenuhnya kepada para pihak kontraktor yang telah terpilih.


"Pembangunan MRT Jakarta dimulai, argonya sudah berjalan. Artinya kontraktor sudah ditentukan. Terserah pada kontrakor, mau dimulai besok silahkan, tetapi kami ingin ini segera dikerjakan di lapangan. Itu saja," katanya.


Didampingi oleh para Direksi dari PT Jakarta MRT, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, dan para pemangku kepentingan lainnya, Jokowi secara resmi meluncurkan proyek ini. Dia menargetkan proyek untuk tahap 1 ini akan selesai pada tahun 2017 nanti.


(zul/dnl)