Trans Sulawesi Bakal Jadi Saingan Tol Atas Laut Bali

Jakarta - Selain tol atas laut Bali sepanjang 12,7 km, pemerintah daerah lain seperti Sulawesi Barat menginisiasi proyek jalan tol yang juga akan melintasi lautan. Jalan tol atas laut versi Sulawesi ini merupakan bagian dari rencana jaringan jalan tol Trans Sulawesi sepanjang 2.000 Km.

Direktur Investasi dan Pengembangan Usaha Badan Koordinasi Pembangunan Regional Sulawesi Harry Warganegara Harun mengatakan salah satu seksi pembangunan Trans Sulawesi adalah Tol di Mamuju, Sulawesi Barat sepanjang 102 Km. Sebanyak 70% lintasan tol tersebut akan dibuat melayang (elevated) di atas laut.


"Feasibility Study (FS) sudah selesai. Tinggal tunggu dananya saja. Sebanyak 70% di atas laut, ini bukan menyusuri pantai," kata Harry kepada detikFinance, Jumat (14/6/2013)


Harry mengatakan tol ini awalnya akan menggunakan pendanaan asing dari pinjaman lunak pemerintah China sebesar US$ 270 juta. Namun pemerintah pusat melalui menteri keuangan, ketika era Agus Martowardojo tak menyetujuinya.


"Ini rencana pakai soft loan (pinjaman lunak), tapi kemudian menkeu lama kan tak setuju padahal PM China sudah hadir dan teken bersama Wapres Boediono tahun lalu. Karena tak disetujui menkeu maka ditunda," katanya.


Menurut Harry, sudah sepantasnya proyek ini segera dikerjakan, karena dari sisi kelayakan (FS) sudah bisa. Ia mengaku ada opsi lain untuk membiayai proyek triliunan rupiah ini, antara lain lewat pendanaan APBN. "Katanya mau diubah pakai dana APBN," jelasnya.


(hen/dnl)