Harga BBM Naik, Bantuan Uang Bedah Rumah Ditambah 30% Jadi Rp 10 Juta

Jakarta - Pemerintah menargetkan program bedah rumah atau rumah swadaya tahun ini ditambah dari sisi anggaran maupun jumlah unit rumah yang dapat bantuan. Hal ini terkait rencana kenaikan harga BBM. Rencananya biaya bedah rumah naik jadi Rp 7,5 juta menjadi Rp 10 juta per unit.

Deputi bidang Perumahan Swadaya Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) Jamil Ansari mengungkapkan, tahun ini pemerintah meminta penambahan anggaran sebesar Rp 3 triliun dan penambahan program sebanyak 20 ribu unit rumah swadaya atau bedah rumah dalam APBN-Perubahan 2013.


"Kita ingin unitnya ditambah, dan ada penambahan anggaran sekitar Rp 3 triliun, jad totalnya Rp 5 triliun. Karena kenaikan BBM kita perkirakan akan mencapai 30%," kata Jamil saat ditemui di acara Diskusi "Pengalihan Subsidi BBM untuk Program Perumahan MBR yang Lebih Tepat Sasaran" di Hotel Ambara, Blok M, Jakarta, Kamis (13/6/2013).


"Kita kemarin sudah ngomong dengan DPR, tapi belum ada keputusan," imbuhnya.


Jamil memperhitungkan kenaikan harga BBM akan mencapai 30% dari harga BBM saat ini. Diperkirakan angka tersebut akan berpengaruhi pada program rumah swadaya. Untuk 1 unit pembedahan rumah, yang awalnya Rp 7,5 juta diusulkan menjadi Rp 10 juta.


"Kita minta itu dinaikan juga 30%, karena BBM naik 30%," katanya.


Tahun ini program bedah rumah Kemenpera akan mencapai 220.000 unit dengan usulan anggaran sebesar Rp 5 triliun. Hingga bulan ini, pencapaian atau realisasi dari bedah rumah pemerintah tersebut baru mencapai 25%.


"Sampai bulan ini baru 52.000 unit, terbanyak di Jawa Timur. Tapi kita optimistis bisa mencapai target itu," tutupnya.


(zul/hen)