Kiwoom Securities: Pasar Mixed

Jakarta - Pasar Mixed. Data eknomi Amerika yang lebih baik dari perkiraan berhasil membuat Dow ditutup naik dan Nikkei mengalami teknikal rebound pagi hari ini setelah ditutup turun kemarin atas penguatan Yen. IHSG menutup sesi perdagangan cukup positif setelah mencoba beberapa supportnya kemarin. Namun derasnya capital outflow dari emerging market serta dampak negatif kenaikan suku bunga turut membayangi pergerakan IHSG hari ini.

BBKP – Akuisisi oleh Bosowa


Bosowa Corporindo membeli 15% atau 1.1 miliar saham Bank Bukopin (BBKP) dengan harga Rp. 1,050 per saham sehingga total nilai sebesar Rp. 1.16 Triliun. Saham yang dijual milik Yabinstra dan Kopelindo. BBKP berencana akan melaksanakan right issue senilai Rp. 2 Triliun dan selain siap membeli right tersebut, Bosowa bersedia membeli hak milik Kopelindo.


IMAS – Pencarian Hutang


PT. Indomobil Finance Indonesia (IMFI), anak usaha dari PT. Indomobil Sukses International (IMAS) sedang mencari hutang senilai US$ 100 juta untuk mendukung pertumbuhan pembiayaan. IMFI menargetkan pendanaan tumbuh sebesar 15% pada tahun ini menjadi Rp. 4.25 Triliun. Perseroan telah menunjuk Chinatrust, OCBC dan Standard Chattered sebagai arranger.


INTP – Penurunan penjualan semen 5M 2013


Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia (ASI), penjualan PT Indocement Tunggal Prakasa (INTP) hingga Mei 2013 tercatat mengalami penurunan 0.5%Yoy sebesar 7.09 juta ton Vs 7.13 juta ton pada periode yang sama tahun lalu. Turunnya volume penjualan ini berdampak pada pangsa pasar INTP. Dimana pada 5M 2013, pangsa pasar INTP secara total turun menjadi 30.8% dibandingkan dari periode yang sama tahun lalu sebesar 33.1%.


WSKT – Tiga kontrak baru


PT Waskita Karya (WSKT) baru memperoleh kontrak dari tiga proyek terbaru dengan nilai total Rp 1.05 Triliun. Ketiga proyek yaitu proyek jalan tol ruas Cikampek-Palimanan sebesar Rp 404 Miliar, proyek bandara di pulau Jawa senilai Rp 272 Miliar serta proyek pusat belanja di Pekanbaru, Riau sebesar Rp 380 Miliar. Diluar kontrak baru yang didapat, WSKT sudah memperoleh kontrak baru yang mencapai Rp 4.89 Triliun. Perolehan kontrak kerja WSKT di 1H 2013 telah melebihi target, awalnya WSKT menargetkan dapat membukukan kontrak di 1H 2013 sebesar Rp 4.6 Triliun. Namun, realisasi kontrak yang didapat telah mencapai Rp 5.94 Triliun.


(dru/dru)