BBM Belum Naik, Kok Harga Daging dan Sayuran Sudah Melonjak?

Jakarta - Sampai saat ini, Presiden SBY belum menentukan waktu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Ketidakpastian ini dimanfaatkan oleh para pedagang kebutuhan pangan yang sudah menaikkan harga lebih dahulu.

Hal ini terbukti dari pantauan detikFinance di Pasar Senen, beberapa harga bahan pangan sudah menunjukkan kenaikan harga. Misalnya daging sapi, per hari ini harga Rp 95 ribu per kg. Kenaikan harganya sudah berlangsung sejak 3 hari lalu, bahkan pada Jumat pekan lalu, pasokan daging di pasar ini sempat tidak tersedia.


"Daging naik, biasanya itu Rp 90 ribu, ya karena mau puasa sepertinya," ujar Yanto yang berdagang daging di pasar ini kepada detikFinance, Jumat (14/6/2013).


Sementara itu, harga ayam pun juga beranjak naik sekitar Rp 2 ribu per ekor untuk setiap jenisnya. Untuk ayam sedang, harganya Rp 27 ribu per ekor, sedangkan ayam besar harganya Rp 35-40 ribu per ekor.


Begitupun dengan ikan yang harganya naik sekitar 20%. Saleh, pedangang ikan di pasar ini menyatakan kenaikan harga ikan ini disebabkan musim hujan yang intensitasnya tinggi pada beberapa waktu terakhir.


Pedagang lainnya bernama Ajun, mengatakan sayur-sayuran di Pasar Senen ini mulai beranjak naik, seperti daun bawang, saledri, wortel. Misalnya aabai rawit naik dari Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 28 ribu per kg, cabai merah dari Rp 25 ribu menjadi Rp 35 ribu per kg, kentang dari Rp 7-8 ribu per kg menjadi Rp 10 ribu per kg. Bahkan, jengkol yang saat ini ramai jadi pembicaraan di tengah masyarakat, harganya di pasar Jakarta mencapai Rp 40 ribu per kg.


Ada pula beberapa sayur yang harganya menurun, seperti bawang merah yang turun dari Rp 40-50 per kg menjadi Rp 28 ribu per kg. Begitupun dengan bawang putih yang biasanya Rp 40-50 ribu menjadi Rp 18 ribu per kg.


"Ini BBM belum naik, tapi dari pusatnya sudah naikkan harga. Ya kita lihat saja kalau sudah naik BBM-nya," ujar Ajun.


Sedangkan untuk beras, meski di pasar induk telah ada kenaikan harga, tetapi para pedagang eceran belum menaikkan harga. Untuk Ramos seharga Rp 9 ribu per kg dan Pandan Wangi seharga Rp 12 ribu per kg.


(nia/hen)