'PRJ Monas' Gratis, Pengunjung Membludak

Jakarta - Pembukaan pesta rakyat atau Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) DKI Jakarta alias 'PRJ Monas' yang mulai digelar hari ini diserbu pengunjung. Pantauan detikFinance, jumlah pengunjung membludak.

"Pengunjungnya ramai banget, kayaknya sudah ribuan ya dari siang sampai sekarang. Buku tamu saja sudah habis 6 buku, itu yang ngisi paling cuma 30% saja," kata seorang panitia kepada detikFinance, di pembukaan Pekan Produk Kreatif Daerah 2013 Provinsi DKI Jakarta dengan tema Kreativitas Tanpa Batas untuk Jakarta Baru, di Lapangan Monas, Jakarta, Jumat (14/6/2013).


Pesta rakyat gratis ini diselenggarakan bukan hanya sebagai ajang pagelaran produk-produk dan kesenian budaya saja, melainkan untuk lebih menjangkau masyarakat kelas menengah bawah agar bisa menikmati konsep Pekan Raya Jakarta (PRJ) ala Jokowi ini.


"Tujuannya sih biar merakyat kan gratis," katanya.


Salah seorang pengunjung bernama Ida (38), asal Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat ini mengaku, dirinya penasaran tentang pesta rakyat ala Jokowi ini. Tak tanggung-tanggung, ia membawa serta 18 anggota keluarganya mengunjungi Monas.


"Saya pengen tahu saja katanya ramai, katanya gratis, iya gratis ternyata, ada di Monas bagus, gratis ongkosnya terjangkau. Ini menengah ke bawah dari pada ke PRJ. Kita bawa 18 orang. Seru banget, ada takut ada seneng, ada hantu-hantuan soalnya, sudah gratis enak lagi," terangnya.


Hal serupa diungkapkan Sefty (22), warga asal Grogol, Jakarta Barat ini sengaja datang ke pesta rakyat Monas untuk sekadar bersenang-senang.


"Pengen jalan-jalan saja katanya ada PRJ di Monas, katanya pindah kesini gratis. Beda ya PRJ di sana (Kemayoran) sama di sini, kalau di sana lebih ke jual barang, kalau di sini lebih ke kesenian dan hiburan. Enak di sini, di sana ngabisin duit, kalau di sini seneng-seneng," katanya.


Hal lain diungkapkan oleh Rini (30), wanita asal Depok ini mengaku, pesta rakyat yang diadakan di Monas ini masih banyak kekurangan seperti minimnya produk-produk yang dipamerkan atau pun kuliner yang disajikan.


"Pengen tahu kayak gimana. Tapi produk yang dipamerkan sedikit ya mungkin karena baru percobaan. Produknya harus lebih menarik dan dibanyakin. Snack-snack nya kurang banget kalau dibandingin dengan PRJ. Ramai banget ya mungkin karena space-nya terbatas," ujarnya.


Pekan Produk Kreatif Daerah 2013 Provinsi DKI Jakarta ini digelar mulai tanggal 14-16 Juni 2013 mulai pukul 09 pagi sampai 10 malam.


(hen/hen)