Harga BBM Naik, Mentan: Saya Jaga Harga Pangan Tidak Naik

Jakarta - Pemerintah baru berencana menaikkan harga BBM subsidi dalam waktu dekat ini. Namun sejumlah bahan pokok di pasar-pasar tradisional sudah naik. Menteri Pertanian Suswono mengatakan terus memonitor.

Menurut Suswono, dirinya akan menjaga agar laju harga pangan dan bahan-bahan pokok tak naik liar dan menimbulkan inflasi tinggi.


"Apalagi kita akan naik harga BBM tentu kita waspadai agar inflasi tidak menjadi-jadi. Saya jaga agar tidak ada kenaikan harga," ujar Suswono saat ditemui detikFinance di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Sabtu (15/6/2013).


Selain itu, Suswono juga mengakui, Indonesia masih ketergantungan impor untuk beberapa komoditas pangan tertentu. Ia mencontohkan kedelai dan bawang putih yang rutin diimpor Indonesia karena besarnya permintaan sedangkan produksi di dalam negeri minim.


"Bahan pokok memang cukup namun didatangkan tidak hanya dari lokal, tetapi dari impor. Seperti kedelai dan sebagian juga untuk bawang putih," katanya.


Sedangkan untuk beras dan produk pangan lainnya dikatakan Suswono aman. Bahkan ia berujar, tren pergerakan harga daging cenderung stagnan bahkan bergerak turun di beberapa daerah.


"Tetapi akibat dari BBM pasti kan ada. Persedian produk pangan cukup aman bahkan hingga akhir tahun. Beras juga apalagi dengan iklim yang sudah diprediksi kemarau basah. Tentu ini baik kepada padi. Kalau daging kemarin laporan di rakor harga daging tidak naik. Bahkan ada kecendrungan turun. Di beberapa daerah bahkan sudah turun. Prime cut (daging) juga kita lakukan itu kan tanpa kuota dan sapi bakalan ditarik satu bulan ke depan," jelasnya.


(wij/dnl)