Puji Tol Atas Laut Pertama di Bali, Dahlan: Ini Proyek Tol Tercepat

Nusa Dua - Saat ini pembangunan tol atas laut pertama Indonesia yang berada di Bali sudah hampir selesai. Tol senilai Rp 2,4 triliun dengan panjang 12,7 km tersebut merupakan tol atas laut pertama dan tol yang dibangun tercepat di Indonesia.

Demikianlah yang disampaikan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan saat menjadi pembicara pada pertemuan puncak Pemimpin Redaksi se-Indonesia 2013 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Kamis (13/6/2013).


"Saya baru sampai Bali, dan saya mencoba untuk melewati jalan tol yang baru. ini sebentar lagi selesai, dengan waktu yang singkat. Panjang tol itu sepanjang 12,7 km selama 12 bulan. Ini yang tercepat," ungkap Dahlan.


Ia mengaku pernah mengecek tol yang yang dibangun di Surabaya dengan panjang yang sama. Sayangnya tol tersebut selesai dengan 12 tahun.

"Pernah saya lihat tol di Surabaya, itu panjangnya 12 km, itu selesainya 12 tahun," sebutnya.


Jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa ini adalah murni biaya dana perusahaan dan pinjaman korporasi dalam negeri.Tidak sedikitpun ada biaya yang diambil dari APBN.


"Tol nusa dua ini adalah murni biaya keroyokan oleh perusahaan BUMN. Murni dana perusahaan bukan dana APBN," ucapnya.


Ia berharap, tol yang akan dibangun pada wilayah-wilayah lain dapat berlangsug cepat dan tidak membebani anggaran pemerintah.


Seperti dietahui, susunan kepemilikan proyek tol ini meliputi Jasa Marga sebesar 60%, PT Pelindo III sebesar 20%, PT Angkasa Pura I sebesar 10%, PT Wijaya Karya Tbk (Wika) sebesar 5%, PT Adhi Karya Tbk sebesar 2%, PT Hutama Karya Tbk sebesar 2%, dan PT Pengembangan Pariwisata Bali sebesar 1%.


Sedangkan keikutsertaan Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Badung dalam kepemilikan saham sedang dalam proses. Kami berharap skema sinergi BUMN dan Pemerintah Daerah ini dapat dilanjutkan untuk proyek-proyek infrastruktur komersial lainnya, sehingga tidak memberatkan APBN sesuai dengan kebijakan pemerintah.


Tol atas laut ini rencananya dibuat untuk melayani jalur transportasi pertemuan KTT APEC pada Oktober 2013 nanti.


(dnl/dnl)