Listrik 3 Kabupaten di Kaltim Padam Total, Warga Minta Penjelasan PLN

Samarinda - Aliran listrik PT PLN (Persero) di Sistem Mahakam meliputi Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong belum sepenuhnya kembali normal. Warga meminta PLN menjelaskan ke publik terkait padam listrik total (blackout) Sistem Mahakam, Kalimantan Timur (Kaltim).

Di Samarinda misalnya, sejumlah kawasan masih mengalami pemadaman listrik lebih dari 14 jam. Antara lain di kawasan Sempaja Utara dan Sempaja Selatan di Kecamatan Samarinda Utara, sebagian Kecamatan Samarinda Seberang hingga Kecamatan Samarinda Kota.


Padamnya listrik membuat warga kesal lantaran hingga saat ini, PLN belum memberikan penjelasan terkait padam total di Sistem Mahakam. Warga meminta PLN jujur menjelaskan penyebabnya ke publik.


"Saya baca di berita, terjadi blackout Sistem Mahakam sampai padam 14 jam lebih di rumah saya. Katanya masih ditelusuri penyebabnya. Apa benar belum tahu penyebabnya hingga menelusurinya berjam-jam?" kata warga Jl KH Wahid Hasyim, Sempaja Selatan, Muhammad Idris, kepada detikFinance, Minggu (16/6/2013).


Selain pemberitaan media, Idris juga memantau informasi padamnya listrik melalui sosial media twitter. Di twitter disebutkan bahwa listrik padam di 3 kota di Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong sebagai satu kesatuan Sistem Mahakam, disebabkan adanya ledakan di pembangkit yang berlokasi di Embalut, Kutai Kartanegara.


"Itu kan informasi di twitter, belum dipastikan kebenarannya. PLN sendiri harus menjelaskan, jujur kenapa bisa Blackout. Jangan cuma meminta maaf di media karena ada gangguan ini dan itu, menganggap urusan selesai," ujar Idris.


Warga lainnya yang tinggal di Kecamatan Samarinda Kota, Abdul Malik, pun mengungkapkan tidak jauh berbeda. Menurutnya, padamnya listrik lebih dari 10 jam merupakan kejadian yang luar biasa.


"Nah ini sudah lebih 14 jam dari jam 7-an malam tadi, belum juga hidup lagi listrik di tempat saya. Ini benar-benar aneh, pelayanan publik PLN di Kaltim ini luar biasa parah," sebut Malik.


Keterangan lain yang dihimpun detikFinance hari ini, setelah sempat listrik hidup kembali di sebagian wilayah Samarinda Seberang sekitar pukul 08.30 WITA tadi, belum genap 1 jam listrik kembali padam. Juga di wilayah Kecamatan Sungai Pinang, setelah listrik hidup kembali sekitar pukul 09.00 WITA, satu jam kemudian listrik kembali padam.


Seperti diketahui, Sistem Mahakam di PT PLN (Persero) Wilayah Kaltim, mengalami gangguan Black Out sehingga mengakibatkan padam listrik di 3 kota Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong, sejak pukul 19.00 WITA, Sabtu (15/6/2013) malam.


GM PT PLN (Persero) Wilayah Kaltim Nyoman S Astawa saat dikonfirmasi, mengaku masih menelusuri penyebab terjadinya Black Out dan petugasnya masih berupaya keras melakukan pemulihan.


(hen/hen)