Hatta Janji Harga Beras Akan Stabil Jelang Lebaran

Cianjur - Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengadakan kunjungan ke gudang beras milik Bulog di Cianjur, Jawa Barat. Tercukupinya pasokan beras, Hatta memastikan harga beras tidak akan naik menjelang lebaran.

"Beras harganya akan stabil, karena pasokannya cukup. Mungkin jika ada banjir, longsor atau gangguan angkutan itu bisa naik tapi juga cuma sekian persen dan bersifat temporary," ujarnya di Cianjur, Jawa Barat, Minggu (21/7/2013).


Untuk kestabilan harga, Hatta sudah menginstruksikan kepada Bulog untuk selalu waspada. "Jadi saya tugaskan kepada Bulog, kalau ada di daerah yang mau naik harganya, lagsung Bulog intervensi. Karena beras itu mau tak mau harus dibeli. Perut tidak bisa menunggu untuk membeli beras. Apa saja dijual untuk itu," jelas Hatta.


Secara nasional, Hatta menyatakan pasokan beras mencapai 2,9 juta ton. Ini dinilai mencukupi kebutuhan masyarakat hingga 11 bulan kedepan.


"Beras aman, stok sampai 11 bulan kedepan," sebutnya.


Ia menyebut Jawa Barat masih menjadi lumbung beras terbesar. Seiring dengan musim hujan yang panjang, Hatta mengatakan akan ada panen beras kedua pada tahun ini.


"Musim kemarau basah ini membuat petani kita bisa melakukan penanaman. Jadi ada panen lagi," ujar Hatta.


(dru/dru)