Jadi Bankir Bisa Dapat Gaji Rp 13 Miliar di Negara Ini

Jakarta - Dari sejumlah negara-negara anggota Uni Eropa, gaji profesi bankir di Inggris paling besar. Ada lebih dari 2.000 bankir di Inggris yang digaji 1 juta euro atau sekitar Rp 13 miliar per tahun di Inggris pada tahun 2011.

Data European Banking Authority (EBA) yang dikutip dari BBC, Selasa (16/7/2013) menyeburkan, ada 2.346 bankir yang mendapatkan gaji lebih dari 1 juta euro di Inggris. Dibandingkan dengan 739 bankir di negara Uni Eropa lain yang mendapatkan gaji sebesar ini.


Jerman saja yang merupakan negara dengan perekonomian terbesar kedua di Eropa tidak menggaji bankirnya sebesar di Inggris. Hanya ada 170 bankir yang digaji 1 juta euro per tahun di Jerman.


Kondisi ini mengilustrasikan kenapa Inggris tidak setuju dengan rencana pembatasan bonus bankir oleh Uni Eropa. Negara-negara anggota Uni Eropa berencana mengawasi bankir mengambil risiko yang akan mendorong terjadinya krisis keuangan. Dalam rencana itu, bonus para bankir akan dibatasi 100% dari gajinya, atau 200% dari gaji sesuai persetujuan pemegang saham.


Menurut BBC, rata-rata gaji bankir di Inggris sebesar 1,3 juta poundsterling di 2011 ini turun dibandingkan rata-rata gaji bankir di 2010 yang sebesar 2,5 juta poundsterling.


Lebih mengejutkan lagi, Spanyol yang saat ini mengalami krisis perbankan, ternyata menggaji besar para bankirnya. Pada 2011 lalu, rata-rata gaji bankir senior di Spanyl adalah yang terbesar di Uni Eropa, dengan besaran 2,44 juta euro. Namun hanya 124 bankir saja yang digaji sebesar itu. Sementara di Yunani, hanya 2 bankir yang digaji 1 juta euro lebih.


(dnl/dru)