Konsumsi Cabai Rawit Orang Indonesia Capai 50.000 Ton/Bulan

Jakarta - Konsumsi cabai orang Indonesia relatif tinggi hingga mencapai puluhan ribu ton per bulan. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Srie Agustina mengaku bahwa setiap bulannya masyarakat Indonesia menghabiskan hampir 50.000 ton cabai rawit.

"Kebutuhan cabai rawit untuk 1 tahun lebih kurang 590.000 ton. Maka per bulan lebih kurang 49.300 ton cabai rawit," kata Srie di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Selasa (22/7/2013).


Menurutnya konsumsi cabai rawit akan meningkat saat masyarakat Indonesia merayakan hari raya Lebaran. "Kita hitung masa-masa Lebaran kebutuhan naik 1,5 kali dari 49.300 kebutuhan menjelang Lebaran," imbuhnya.


Kementerian Perdagangan mencatat akan datang 180 ton cabai rawit merah impor dalam waktu dekat yang didatangkan oleh para importir. Setelah cabai impor, akan ada operasi pasar untuk menstabilkan dan menurunkan harga cabai saat ini di pasar tradisional.


"Kalau cabai rawit akan turun karena sudah mau datang cabainya (cabai impor). Nanti kita akan ada OP (operasi pasar) cabai rawit di beberapa pasar tradisional," jelas Srie.


(wij/hen)