Sinar Mas Ekspor Kertas untuk Al Quran ke Timur Tengah 12.000 Ton/Tahun

Jakarta - Sinar Mas Group melalui anak usahanya PT Indah Kiat Pulp & Paper memproduksi kertas khusus Al Quran atau Quran Pulp Paper (QPP).

Direktur Corporate Affairs and Communications APP (Asia Pulp and Paper) Suhendra Wiriadinata mengatakan setiap tahunnya 12.000 ton kertas QPP diekspor ke Timur Tengah.


"Produk kertas ini khusus untuk mencetak Al Quran atau yang disebut QPP. Kita ekspor untuk percetakan Al Quran itu 12.000 ton atau US$ 12 juta/tahun. Kita lebih banyak ekspor karena permintaan cukup besar," kata Suhendra saat ditemui di Mesjid Istiqlal Jakarta, Senin (15/7/2013).


Sebanyak 60% produksi kertas perseroan diserap pasar Jeddah sedangkan sisanya diserap negara-negara Timur Tengah lainnya antara lain Mesir, Turki, Suriah, Lebanon yang merupakan pusat percetakan Al-Quran di seluruh dunia.


"20-30% itu untuk kebutuhan lokal, 70% untuk ekspor sedangkan produksi per tahun hingga 15.000 ton," katanya.


Bisnis QPP sudah dilakukan sejak 9 tahun yang lalu. Ia optimis penjualan dan ekspor QPP dari tahun ke tahunnya akan terus meningkat karena kebutuhan kertas yang terus meningkat.


"Penjualan kertas QPP sudah 9 tahun dengan pertumbuhan 5-10% tahun. Sejak awal kita menciptakan QPP, kita berharap ada pertumbuhan bisnis dan kita bisa tingkatkan," kata Suhendra.


(wij/hen)