Asosiasi: Sebenarnya Tak Ada Kartu Kredit Tanpa Limit

Jakarta - Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) menegaskan tidak ada kartu kredit tanpa batas plafon atau unlimited. Setiap kartu kredit memiliki plafon namun tergantung kebijakan bank yang memberikannya.

"Tentang kartu kredit tanpa limit telah kami jawab bahwa sebenarnya tidak ada kartu kredit tanpa limit. Beberapa jenis kartu kredit yang memang ditujukan untuk nasabah premium memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih dibandingkan dengan kartu kredit jenis biasa," papar Ketua AKKI, Steve Marta kepada detikFinance, Kamis (12/9/2013).


Namun pelayanan ini, lanjut Steve tentunya juga disertai dengan biaya yang lebih besar yang harus dibayarkan oleh nasabah. Dan juga pemberian kartu jenis ini tidak terlepas dari keharusan Bank Penerbit dalam melakukan checking atas kemampuan serta kondite nasabah untuk melakukan pembayaran.


"Beberapa jenis kartu yang seolah olah tidak menetapkan limit sebenarnya dilakukan dengan menetapkan limit di dalam system Bank itu sendiri. Limit yang di tetapkan tentunya berdasarkan hasil analisa dari Bank atas nasabah tersebut," ungkap Steve.


Pemakaian kartu di atas limit yang ditetapkan harus mendapatkan persetujuan dari Bank terlebih dahulu dengan memperhatikan track record dan kemampuan dari nasabah dalam melakukan pembayaran.


"Jenis kartu premium tidak dibatasi hanya untuk kalangan tertentu tetapi dapat juga dimiliki oleh siapapun yang telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh Bank Penerbit," tutup Steve.


(dru/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!