Sukseskan Acara Sail Komodo, PLN Tambah Genset Berkapasitas 610 kW

Jakarta - PT PLN (Persero) menyiapkan pasokan listrik khusus sebesar 6.100 kilo watt untuk daerah Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Pasokan listrik ini ditambah pada hari Jumat dan Sabtu (13-14 September) untuk memperlancar acara puncak Sail Komodo 2013.

Pasokan listrik sebanyak 6.100 kW tersebut berasal dari PLTC Gorontalo dan PLTD Golobilas yang selama ini memasok kebutuhan listrik untuk kebutuhan Labuan Bajo sendiri, yaitu sebesar 5.500 kW, ditambah 600 kW dari genset yang diberikan siapkan PLN.


"Kami menyiagakan genset dengan total kapasitas 610 kW pada 7 lokasi, yakni masing-masing di Hotel Jayakarta (250 kW), Pantai Pede (250 kW), Pulau Komodo (40 kW), Rumah Jabatan Bupati (40 kW), bandara Komodo (100 kW), Kantor Bupati Manggarai Barat (40 kW), dan Rumah Pintar (20 kW)" jelas Manajer PLN Area Flores Bagian Barat, Leo Buntoro dalam keterangan persnya, Minggu (15/9/2013).


Kesiapan PLN dalam mendukung pasokan listrik, terutama untuk keperluan Sail Komodo 2013 ini, sebelumnya telah ditinjau langsung oleh General Manager PLN NTT, Richard Safkaur sebagai penanggung jawab operasional kelistrikan di NTT, bersama dengan wakil dari PLN Pusat, Hedy Nugroho, Kamis lalu.


"Merupakan kewajiban dan komitmen PLN untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Sail Komodo 2013, utamanya dari sisi pasokan listrik" ujar Richard Safkaur.


Berdasarkan catatan PLN Labuan Bajo, tercatat dalam sepekan terakhir, pemakaian listrik pada sistem kelistrikan Labuan Bajo mengalami kenaikan sebesar 600 kilo watt (kW). Beban puncak pemakaian listrik pada Rabu (11/9) malam tercatat sebesar 3,4 Mega Watt. Pemakaian normal sebelum acara puncak Sail Komodo 2013, beban puncak listrik pada malam hari sebesar 2,8 MW.


Beban puncak pada siang hari juga mengalami kenaikan, yakni sebesar 1,9 MW sebelum ada kegiatan Sail Komodo, dan saat ini menjadi 2,2 MW atau mengalami kenaikan sebesar 300 kW.


(zul/dru)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!