Modal Hanya Rp 23 Juta, Anda Bisa Punya Bisnis Laundry

Jakarta - Usaha jasa cucian (laundry) kian marak di masyarakat. Mobilitas masyarakat Jakarta yang tinggi membuat usaha laundry kian banyak dicari. Orang lebih memilih praktis menggunakan jasa cuci setrika pakaian ketimbang mencuci sendiri.

Salah satunya Washingday, jasa usaha cucian ini sudah punya cabang 12 outlet yang tersebar di beberapa daerah di Jakarta seperti Apartemen Gloria, Apartemen Green Park, Apartemen Palm Mansion, Apartemen Gardenia, Gelong Baru, Tawakal Raya, Dr. Susilo, Tebet, Cipinang Raya, Slipi, Pejaten, Kemanggisan, dan Kebon Jeruk.


Washingday menawarkan kemitraan usaha dengan investasi Rp 23 juta untuk bergabung dalam paket berbisnis cucian Washingday. Mitra akan mendapatkan perlengkapan outlet, promosi, brosur, dan renovasi tempat.


"Investasi awal Rp 23 juta dapat perlengkapan outlet, promosi awal, brosur, renovasi tempat. Nanti keuntungannya untuk mitra 40% dan pihak Washingday 60%," kata Wiwit saat ditemui detikFinance di Acara Pameran "Franchise & License Indonesia Expo" di JCC Senayan pekan lalu.


Semakin tingginya minat pengguna jasa cuci pakaian membuat omzet juga tinggi. Dalam sebulan, omzet jasa cuci pakaian ini bisa mencapai Rp 50 juta per outlet. Harga yang dibanderol pun murah hanya Rp 8 ribu per kg sudah termasuk setrika.


"Kalau satuan beda lagi harganya tergantung jenis pakaian. Bisa antar jemput untuk wilayah sekitar yang terjangkau," katanya.


Selain itu, Washingday menerapkan sistem garansi terhadap pakaian konsumen. Jika barang cucian hilang atau rusak bisa diganti sesuai dengan harga barang.


"Mitra tinggal tahu beresnya. Kita yang cuci setrika, mitra tinggal dapat bagi hasilnya. Kalau rusak atau hilang ada garansi, bisa diganti seharga pakaian atau 10 kali harga cuci untuk yang satuan atau 5 kali harga kalau yang kiloan," katanya.


(drk/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!