BI Rate 7,25%, Chatib: Bunga Kredit Nggak Akan Naik Tinggi

Jakarta - Bank Indonesia (BI) telah menaikan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 7,25%. Perubahan ini akan berdampak pada kenaikan bunga kredit oleh perbankan.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengaku telah memperhitungkan hal tersebut. Ia menilai perbankan akan menaikan bunga kredit tapi tidak tidak tinggi.


"Sekarang kalau BI Rate kan naik terus, sampai terakhir naik 25 bps. Nah, apa mungkin bank akan naikan bunga kredit sampai 100%. Saya rasa juga bank nggak akan berani," ujar Chatib di kantornya, Jakarta, Jumat (13/9/2013)


Menurut Chatib tetap ada batas psikologis yang harus diperhatikan oleh perbankan. Karena akan mempengaruhi laba untuk perbankan kedepannya.


"Akan ada batas, nggak mungkin naiknya tidak terkendali. Karena ada batas psikologis berapa persentasenya," kata Chatib.


Selain itu, juga perlu dipertimbangkan kompetisi sesama bank. Ia menilai bank akan mencari upaya bagaimana tidak rugi dari kebijakan tersebut, namun juga tidak menggangu daya beli masyarakat.


"Kalau dia terlalu tinggi bunganya nggak ada yang mau pinjam," ujarnya.


(mkl/ang)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!