Pemerintah Tambah Utang Rp 15 Triliun

Jakarta - Pemerintah menambah utang lewat penerbitan surat utang syariah, atau sukuk global sebesar US$ 1,5 miliar (Rp 15 triliun). Utang ini untuk membiayai anggaran tahun ini. Surat utang yang dijual ini akan jatuh tempo tahun 2019.

Seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Keuangan, Kamis (12/9/2013), penerbitan sukuk global ini dilakukan setelah Pemerintah melakukan serangkaian pertemuan dengan para investor di London dan Timur Tengah yang dilakukan pada bulan Agustus 2013.


Sukuk Global itu telah memperoleh peringkat Baa3 dari Moody`s, BB+ dari S&P dan BBB- dari Fitch, dengan tenor 5,5 tahun dan akan jatuh tempo pada tanggal 15 Maret 2019. Sukuk Global itu diterbitkan pada harga par dengan imbalan senilai 6,125 persen. Tingkat imbalan itu lebih rendah 25 bps lebih rendah daripada harga perkiraan awal yang berada di kisaran 6,375 persen.


Penerbitan Sukuk Global yang keempat itu merupakan penerbitan terbesar oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 2009 dan kedua kalinya diterbitkan di bawah Program Penerbitan Sukuk Global (Islamic GMTN).


Transaksi itu mendapat respons yang baik dari para investor global dan lokal dengan jumlah penawaran pembelian mencapai US$ 55,7 miliar dari sekitar 300 investor. Sebaran investor berdasarkan wilayah meliputi 20% investor Syariah dan Timur Tengah, 15% investor Indonesia, 25% investor wilayah Asia, 24% investor Amerika, dan 16% investor Eropa.


Sukuk Global ini akan diterbitkan oleh Perusahaan Penerbit SBSN Indonesia III dan setelmen akan dilaksanakan pada tanggal 17 September 2013. Sukuk Global akan dicatatkan di Singapore Stock Exchange.


Adapun yang menjadi Joint Lead Managers dan Bookrunners yang ditunjuk Pemerintah untuk transaksi itu adalah Citi Group, Deutsche Bank dan Standard Chartered Bank. Sedangkan Co-Managers dalam transaksi ini adalah PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritat CIMB Bank, First Gulf Bank dan Qatar National Bank.


(ang/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!