Bandara Ngurah Rai Baru Bali Siap Beroperasi 19 September

Denpasar - Meski masih dipenuhi para pekerja yang ngebut menyelesaikan finalisasi pembangunan, namun Bandara Internasional Ngurah Rai yang baru sudah siap dioperasikan. Terminal kedatangan internasional mulai dioperasikan 19 September 2013.

Demikian penjelasan Dirut PT Angkasapura I Tommy Soetomo saat menjelaskan kondisi terakhir bandara kepada Wakil Ketua Panitia Nasional KTT APEC Chairul Tanjung, Jumat (13/9/2013). Chairul bersama jajaran panitia dan para sejumlah duta besar meninjau bandara baru ini sekitar pukul 14.00-15.00 WITA.


"Saat ini saja sudah siap dioperasikan. Semua sistem sudah siap. Sekarang tinggal tahap finalisasi pembangunan untuk ruang-ruang komersial," kata dia.


Ruang- ruang komersial, seperti kafe, restauran, dan booth-booth penjualan konveksi dan cinderamata, di terminal kedatangan dan keberangkatan memang baru selesai ditender, sehingga belum siap dibangun.


Pengoperasian terminal internasional ini akan dilakukan secara bertahap. Setelah terminal kedatangan dioperasikan 19 September, PT Angkasa Pura I akan mengoperasikan terminal keberangkatan internasional pada 29 September 2013. Dengan demikian sebelum dimulainya kegiatan pra KTT APEC pada 1 Oktober, terminal kedatangan dan keberangkatan internasional sudah bisa digunakan.


Terkait dengan ini, Chairul Tanjung meminta agar mulai 29 September 2013 bersamaan dioperasikannya terminal keberangkatan internasional, tidak ada pengerjaan bangunan lagi. Karena itu, lanjut Chairul, mulai sekarang harus dikebut finalisasi pembangunannya siang malam.


"Jangan sampai ada pekerjaan lagi mulai 29 September hingga 9 Oktober 2013. Silakan pegawai diliburkan pada saat itu," pinta Chairul.


(asy/hen)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!