Dahlan Iskan: Kelas Ekonomi Garuda, Terbaik di Dunia

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menanggapi prestasi Garuda Indonesia yang berhasil mengalahkan Singapore Airlines. Dahlan bahkan menilai Garuda memiliki kelas ekonomi terbaik di dunia.

Dikatakan Dahlan, secara korporasi Garuda Indonesia belum dapat mengalahkan maskapai penerbangan di Singapura tersebut. Namun Garuda telah mengalahkan Malaysia Airlines dan Thai Airways.


"Di bidang masing-masing ya, memang secara korporasi sudah mengalahkan Malaysia Airlines juga Thai Airways. Secara korporasi masih jauh belum mengalakan Singapore Airlines," kata Dahlan di acara Travel Fair di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2013).


Dahlan menyebut, soal layanan ekonomi, Garuda lebih unggul dari Singapore Airlines. Bahkan dari semua maskapai di dunia sekalipun, Dahlan membanggakan Garuda Indonesia memiliki kelas ekonomi yang terbaik.


"Sekarang kelas ekonomi Garuda sudah terbaik di dunia. Jadi orang harus tahu dan diberitahu," katanya.


Dahlan mengatakan, dirinya yakin Garuda bisa terus mengepakkan sayapnya dalam bisnis penerbangannya. Sehingga secara bertahap, Garuda bisa merajai semua maskapai penerbangan di dunia.


"Harus di beberapa bidang dulu misalnya di pelayanan. Seperti kelas ekonominya kan sudah bisa mengalahkan, satu tahap sudah bisa mengalahkan pada akhirnya, bisa mengalahkan semuanya," tutup Dahlan.


Indonesia kini diperhitungkan sebagai salah satu pangsa pasar dunia penerbangan yang terbesar dan tercepat di Asia.


Dua maskapai besar yakni Garuda Indonesia dan Lion Air dalam beberapa bulan belakangan dan target ke depan akhirnya mampu mengungguli Singapore Airlines (SIA). Dua maskapai lokal ini untuk pertama kalinya menjadi operator terbesar di Asia Tenggara berdasarkan jumlah armada.


Garuda dan Lion di 2013 ini mengalahkan Grup SIA dan Grup AirAsia.


(zul/dru)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!