Merpati Fokus Penerbangan Indonesia Timur dengan Pesawat 20 Penumpang

Jakarta - Saat ini maskapai penerbangan BUMN yaitu PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) tengah dalam program restrukturisasi untuk menyelamatkan bisnisnya yang terlilit utang besar. Fokus bisnis maskapai ini juga diubah.

Direktur Utama Merpati Capt. Asep Ekanugraha mengatakan, perubahan fokus bisnis jadi salah satu program restrukturisasi Merpati. Penerbangan Merpati akan difokuskan ke Indonesia Timur dan banyak melayani penerbangan dengan pesawat berdaya angkut hingga 20 penumpang.


"Kita akan mengubah bisnisnya. Kemudian kita temukan desain besar rencana bisnisnya. Masih berjalan prosesnya. Kemudian penerbangan fokus

ke Timur. Kita perkuat penerbangan yang 20 seat. Kemudian baru bergerak ke pesawat jetnya. setelah konsentrasi timur selesai, baru bergerak ke tempat lain," ucap Asep di sela acara HUT Merpati ke-51 di Kantor Pusat Merpati, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (14/9/2013).


Menurut Asep, proses pengubahan bisnis ini tersebut masih berlangsung. Untuk program restrukturisasi utang dan penyelamatan Merpati masih berada di bawah pengawasan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA).


"Kan ada mengubah RKAP (rencana kerja anggaran). Mengubah rencana bisnis, sampai ketemu angkanya berapa kebutuhan restrukturisasinya segala macem. Itu desain besarnya. Kita lagi meeting kan dengan PPA unutk tahapan survival sampai ketemu angkanya berapa," terangnya.


Asep menilai, Merpati saat ini belum mampu memperluas penerbangan ke tempat lain. Langkah ini diambil karena kondisi korporasi Merpati belum memungkinkan. "Nggak dulu. Kita harus kontrol terus. Kita masih tahu dirilah. Nggak boleh buru-buru," tegasnya.


Hingga akhir 2013 ini, Merpati diproyeksi masih merugi. Hal ini terjadi karena beban operasional masih tinggi. Beban ini disumbang oleh harga bahan bakar yang mahal akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.


(feb/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!