Demi Kesehatan, Dahlan Iskan Pernah Beli Teh Asal China Rp 120 Juta/Kg

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku pernah membeli teh dengan harga sangat mahal. Ia membeli teh asal negeri tirai bambu China seharga Rp 120 juta per kg. Teh bernama Longjing ini, dibeli Dahlan ketika masih menjadi pebisnis media.

"Saya pernah beli teh yang termahal itu harganya 1 kg Rp 120 juta. Itu saya beli di luar negeri, namanya longjing," ucap Dahlan di depan ratusan karyawan PT Merpati Nusantara Airlines di kantor pusat Merpati, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (14/9/2013).


Teh ini menurutnya memiliki kasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun Dahlan mengaku kualitas dan kasiat teh Longjing setara dengan khasiat teh putih (white tea) produksi BUMN perkebunan, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII.


Dari segi harga, bahkan white jauh produksi PTPN VII lebih murah yakni dibandrol Rp 7 juta per kg. "Tapi ini (white tea) mengalahkan itu 1 kg cuma Rp 7 juta dan istimewa," terangnya.


Di tempat yang sama, Direktur Utama PTPN VIII Dadi Sunardi menjelaskan, produk white tea masih diproduksi secara terbatas, yakni 200 ton pada tahun 2013. Konsumennya pun sangat khusus.


"White tea memang itu dari pucuk yang belum membuka. Itu nggak besar produksinya tapi bagus untuk kesehatan sehingga harganya mahal suplainya dikit," terangnya.


Diakui Dadi, white tea memiliki banyak khasiat. Salah satunya menjaga daya tahan tubuh. "Untuk kebugaran, dia bisa menangkal radikal bebas. Polusi ditangkal," jelasnya.


(feb/dnl)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!