Begini caranya Hasilkan Setengah Miliar

Jakarta - Kalau ingin membisniskan hobi, tirulah cara Christianto. Lelaki ini sukses menjalankan toko perlengkapan aeromodelling di sebuah pusat perbelanjaan besar di Mangga Dua, Jakarta Pusat. Selama 10 tahun ini, Chrstianto bisa meraup omzet setengah miliar rupiah per bulan.

Christianto memulainya dari hobi. ”Memang seharusnya dari hobi, kalau tidak bisa bingung. Kalau hanya jual barang tapi tidak bisa menerbangkan bagaimana bisa menjelaskan kepada pembeli?” kata pria berusia 47 tahun ini kepada detikFinance, kemarin.


Dengan modal awal puluhan juta rupiah, toko itu mampu menghasilkan omzet sekitar Rp 500 juta setiap bulannya.


Menurut Christianto, jenis aeromodel yang digemari saat ini adalah yang menggunakan baterai. Selain lebih ramah lingkungan dan tidak berisik, pehobi juga tidak perlu berkotor-kotor terkena oli seperti aeromodel yang menggunakan mesin. “Performa aeromodel dengan baterai juga tidak kalah dengan yang mesin,” ujar dia.


Biasanya, aeromodel pesawat maupun helikopter bisa melaju hingga kecepatan 40-80 kilometer per jam. Soal ketinggian, bisa menyentuh 1 kilometer dari permukaan tanah.


Christianto berpendapat hobi aeromodelling tidak bisa digeluti oleh mereka yang belum cukup umur. Bahkan dia mengaku pernah menolak konsumen yang terlalu muda, tetapi ngotot ingin membeli unit aeromodel.


“Apalagi helikopter, baling-balingnya berbahaya. Helikopter model berukuran besar kalau menabrak bisa putus leher kita. Itu seperti pedang,” tegas Christianto.Next


(DES/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!