Gita Wirjawan Sebut Brasil Punya Populasi 200 Juta Sapi, RI Cuma 14 Juta

Malang - Rasio penduduk dengan populasi sapi, antara Indonesia dan Brasil ibarat bumi dengan langit. Negeri Samba itu memiliki populasi sapi lebih besar dari jumlah populasi penduduknya.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan saat ini penduduk Brasil saat ini hanya 190 juta jiwa namun populasi sapinya mencapai 200 juta ekor sapi. Bandingkan dengan Indonesia, dengan jumlah penduduk 250 juta jiwa, ternyata populasi sapinya hanya 14 juta ekor,


Menurut Gita hal ini lah yang menjadi penyebab Indonesia selalu bergantung dengan daging dan sapi hidup dari Australia dan Selandia Baru.


"Jauh dengan Brazil, jumlah penduduknya 190 juta, jumlah sapinya 200 juta," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan kepada wartawan di Universitas Islam Malang, Kamis (19/9/2013).


Mengenai realisasi impor daging sapi, Gita memperkirakan realisasinya akan melambat. Alasannya pihak kementerian perdagangan masih menunggu rekomendasi dari Kementrian Pertanian (Kementan).


"Daging, masih tunggu rekomendasi dari Kementan. Jadi belum keluarkan izin kita," kata Gita.


Menurut Gita, sesuai arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) harga daging di pasaran harus di Rp 80.000 per Kg pada akhir Oktober 2013. Untuk mencapai itu diperlukan stok daging yang melebihi kebutuhan.


"Pak presiden meminta harga Rp 80.000 per Kg pada akhir Oktober. Itu yang targetkan nanti," katanya.


(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!