Belum Banyak Masyarakat Tahu Soal Program Mobil Murah

Jakarta - Kebijakan produksi mobil murah ramah lingkungan (low cost green car) telah dikeluarkan oleh pemerintah. Tahun ini diproyeksi 30.000 unit mobil LCGC bakal diproduksi dan dijual ke masyarakat umum dengan harga maksimal Rp 95 juta/unit.

Keberadaan mobil LCGC ternyata belum banyak diketauhi oleh masyarakat. Mereka belum mengetahui jenis dan spesifikasi mobil yang diklaim irit bahan bakar itu.


"Saya dan bapak belum tahu apa itu LCGC. Bentuk dan kapasitas mobilnya juga belum tahu. Belum ada iklan di televisi soal mobil LCGC dan harganya pun belum tahu," kata Salimah saat ditemui detikFinance bersama suaminya di Pusat Bursa Mobil WTC Mangga Dua Jakarta, Sabtu (21/9/2013).


Salimah dan suaminya Kusnandar sengaja datang ke bursa penjualan mobil bekas karena berniat untuk membeli mobil jenis minibus. Kusnandar sempat mendengar pemberitaan soal heboh mobil murah di televisi. Namun sampai saat ini ia belum mengetahui fisik dari mobil murah tersebut.


"Saya tahunya dari televisi memang katanya mobil murah bahan bakar khusus pakai pertamax. Katanya irit dan ramah lingkungan lalu murah juga. Tetapi fisik mobil aslinya saya belum lihat," katanya.


Kalau benar mobil LCGC itu murah, ia mengaku masih menimbang-nimbang untuk membeli mobil tersebut. Menurutnya faktor terpenting adalah bagaimana kesesuaian harga diimbangi dengan keselamatan dan kenyamanan para pengguna.


"Murah belum tentu aman kan, harus dilihat dulu spesifikasinya kayak apa. Kalau murah tetapi spesifikasi terbatas itu belum tentu aman dan nyaman. Yang penting bagi pengguna itu aman dan nyaman," tuturnya.


(wij/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!