Buka Pertemuan Menteri Keuangan APEC, Chatib Basri Angkat 3 Isu Utama

Jakarta - Pertemuan Menteri Keuangan negara-negara yang tergabung di APEC dimulai. Agenda ini dibuka oleh Menteri Keuangan Chatib Basri selaku tuan rumah penyelenggaraan tahun 2013.

Chatib Basri menyampaikan tiga pokok pembahasan dalam agenda tersebut, yaitu pertama terkait dengan Bogor Goals. Di mana merupakan target yang mesti dicapai dari pertemuan sebelumnya.


Kedua adalah persoalan infrastruktur atau konektifitas dan yang ketiga adalah akses keuangan yang inklusif (financial inclusion).


"Kita ingin 3 hal yaitu Bogor goals, kemudian connectivity, kemudian yang ketiga adalah pertumbuhan dengan pemerataan yaitu financial inclusion, di mana orang bisa mendapatkan akses kepada kredit dengan mudah," kata Chatib sebelum pertemuan di Nusa Dua, Bali, Jumat (20/9/2013)


Tiga hal tersebut menurut Chatib sangat penting bagi kepentingan nasional. Indonesia memiliki peranan yang cukup signifikan dalam menggerakan arah APEC ke depan.


"Jadi frame work ini sebenarnya kita juga dalam konteks nasional kita. Tujuannya adalah kalau kerjasama ini bisa dilakukan kita bisa mempertahankan ekonomi dari asia pasifik. kita mau indonesia itu memegang peranan yang penting," jelasnya


Dalam waktu satu hari ini, Chatib menilai forum APEC adalah tempat yang tepat untuk mendiskusikan hal tersebut. Nantinya hasil pembahasan akan disepakati dalam deklarasi bersama untuk segera ditindaklanjuti.


"Sebagai chairman kita pegang peranan yang sangat penting juga dalam men-drive agenda," sebut Chatib.


(mkl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!