Pesawat Maskapai China Jadi yang Pertama Mendarat di New Ngurah Rai

Denpasar - Angkasa Pura I (Persero) secara resmi mengoperasikan terminal baru kedatangan internasional Bandara New Ngurah Rai, Kamis, 19 September 2013. Sebanyak 213 penumpang China Eastern Airline dari Shanghai menjadi penumpang pertama yang mendarat dan menggunakan terminal baru ini.

China Eastern dengan nomor penerbangan MU5029 mendarat tepat pukul 06:22 Wita disusul dengan penerbangan MH867 milik Malaysia Airline (56 penumpang) tujuan Kuala Lumpur - Denpasar dan Garuda Indonesia (GA887) dari Haneda, Jepang yang membawa 143 penumpang.


Sebanyak 20 counter Visa on Arrival (VoA) yang semula hanya berjumlah 7 unit, 26 counter imigrasi dan bagagge claim yang dilengkapi 7 conveyor belt telah disiapkan untuk mendukung kelancaran proses kedatangan penumpang.


Dengan semua kesiapan ruang, fasilitas dan petugas, tampak alur kedatangan 3 penerbangan perdana ini sangat lancar, tertib dan dapat memberikan kenyamanan kepada para penumpang.


"Kami sungguh bersyukur proses kedatangan penumpang yang untuk pertama kalinya dilaksanakan di terminal baru ini dapat berjalan lancar dan tertib," imbuh General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Purwanto yang ditemui saat acara penyambutan penumpang, Kamis (19/9/2013).


Terminal baru ini terlihat sangat luas dan dengan langit-langit atap yang tinggi makin menambah kesan lapang. Melalui pengembangan ini Bandara I Gusti Ngurah Rai secara total mampu melayani 25 juta penumpang pertahun, hampir 200% lebih banyak dibandingkan kapasitas terminal lama yang hanya memiliki daya tampung 8,5 juta penumpang.


“Bangunan terminal ini memiliki fasilitas yang lebih baik dibandingkan dengan terminal lama, mengingat ke depannya Bandara I Gusti Ngurah Rai akan melayani penumpang yang lebih banyak lagi. Sampai dengan bulan Agustus saja, jumlah penumpang internasional yang datang ke Bandara I Gusti Ngurah Rai tercatat sebanyak 2,2 juta. Angka ini meningkat sebesar 6% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu” tambahnya.


Untuk menyambut penumpang prtama, Manajemen Angkasa Pura I menggelar seni budaya Bali yaitu berupa pagelaran Tari Pendet dan Skha Gong serta pengalungan bunga yang dilakukan oleh Direksi AP I, GM Bandara Ngurah Rai, Pimpinan Proyek dan GM SBU.


(gds/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!