Menkeu Taiwan: Banyak Perusahaan Elektronik yang Siap Investasi di RI

Nusa Dua - Banyak perusahaan elektronik asal Taiwan yang tertarik berinvestasi di Indonesia. Saat ini yang sudah mendekati kepastian adalah Foxconn Technology Group yang merupakan pabrik telepon seluler (ponsel).

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Keuangan Taiwan Sheng Ford Chang saat ditemui di Nusa Dua, Bali, Sabtu (21/9/2013)


"Saya mengerti banyak pihak yang tertarik untuk berinvestasi di Indonesia. Termasuk Foxconn dan selain itu juga akan bekerjasama Mipro Electronic. Perusahaan itu katanya tertarik untuk datang dan berinvestasi di sini," ujarnya.


Ia mengatakan, Indonesia merupakan negara yang layak untuk dijadikan tujuan investasi. Sebab, Indonesia memiliki kekayaan alam dan sumber daya manusia (SDM) yang bagus.


"Banyak yang ingin bekerjasama dengan Indonesia karena banyak sekali kekayaan alam dan sumber daya manusia yang memiliki standar tinggi," sebutnya.


Untuk Foxconn sendiri, Ia optimistis investasi itu akan segera teralisasi. Sebab, pemilik dari perusahaan tersebut telah datang ke Indonesia langsung.


"Kita sangat optimis. Foxconn adalah perusahaan besar. Investasinya nanti akan mengintegrasikan sistem komputer secara keseluruhuan karena Indonesia memiliki banyak pulau. Jika itu baik maka sangat membantu untuk menyatukan," jelas Chang.


Sementara itu, Chang juga memaparkan kondisi perdagangan Indonesia-Taiwan. Bagi Taiwan, Indonesia merupakan bagian dari 11 negara dengan nilai perdagangan terbesar. Tahun 2012, perdagangan kedua negara mencapai US$ 14 miliar.


"Indonesia merupakan bagian dari 11 negara yang terbesar dalam perdangangan. Kita menilai Indonesia tempat yang spesial dan sekarang kita akan terus tingkatkan," pungkasnya.


(mkl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!