MS Hidayat: Mobil Murah Booming di Makassar, Semarang, dan Solo

Jakarta - Menteri Perindustrian MS Hidayat berjanji akan mendorong distribusi mobil murah atau low cost and green car (LCGC) ke kota-kota di luar Jakarta. Hidayat mengatakan beberapa kota antaralain Makassar, Semarang, dan Solo sudah booming mobil murah.

"Lagi dibicarakan dengan mereka (investor) bagaimana caranya tapi nggak bisa diskriminatif, jadi yang bisa dilakukan adalah pendekatan meskipun tidak menghilangkan bisnis intinya tapi jangan terkonsentrasi di satu wilayah," kata Hidayat di acara IIMS, di JIExpo, Kemayoran Jakarta, Kamis (19/9/2013).


Menurutnya 3 kota besar tersebut menjadi bagian dari distribusi LCGC tak hanya di Jabodetabek. Di tahun 2013, produksi LCGC diprediksi mencapai 30.000 unit atau 3% dari total produksi nasional yang ditaksir tembus 1,2 juta unit.


"Saya akan imbau agar mereka bisa melakukan penjualan di luar itu siapa tahu ada pemikiran-pemikiran lain yang memberikan dorongan ke luar. Saya dengar di Makassar booming, Semarang dan di solo juga," imbuhnya.


Untuk penjualan mobil murah di Jakarta, Hidayat tidak mau berkomentar terlalu banyak. Ia menyerahkan segala regulasi dan ketentuan dari Pemrov DKI Jakarta termasuk ketentuan ERP, tarif parkir tinggi dan lain-lain.


"Saya nggak ngomong dibatasi, cuma ada aturan khusus di Jakarta yang nanti bisa diterima," katanya.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!