Alex Noerdin Sebut Izin Investasi di Sumsel Cepat dan Tanpa Demo Anarkis Buruh

Jakarta -Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengundang para pengusaha di Indonesia untuk berinvestasi di daerahnya. Tawarannya sederhana, perizinan akan selesai 1x24 jam dan dipastikan tidak ada demontrasi anarkis oleh para buruh.

"Untuk pengusaha yang mau berinvestasi dan relokasi usahanya, Sumsel siap menampung. Perizinan daerah bisa kami selesaikan 1x24 jam langsung diantar ke rumah. Demo buruh ada, tapi demo yang damai. Kalau demo anarkis tidak ada," ujar Alex dalam sambutannya pada Rapimnas, KADIN di Hotel Aryaduta, Palembang, Jumat (1/11/2013).


Alex mengaku telah menyiapkan sebuah kawasan ekonomi khusus Tanjung Si Api-Api dengan luas 3.000 hektar. Lokasi tersebut hanya menunggu Menko Perekonomian Hatta Rajasa untuk meresmikan.


"Ratusan perusahaan mau relokasi, kami sudah sampaikan ke pak Menko Segera resmikan kawasan ekonomi khusus Tanjung Si Api Api. Luas lahan kita 3.000 hektar. Tidak ada penghuninya. Jarak ke Singapura 450 km. Jarak ke Jakarta 480 km. Dijamin tidak ada demo karena laut semua," jelasnya


Terkait potensi sumber daya alam, Alex menyebutkan ada 24% geotermal dunia dalam perut bumi Sumsel. Ini bisa diolah untuk menggantikan posisi bahan bakar minyak (BBM) yang selama ini dipergunakan.


"Geotermal 40% di dunia ada di Indonesia, dan 70% ada di palembang, jadi 24% potensi geotermal di dunia ada di palembang," ucapnya.


(mkl/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!