Mentan Suswono Minta Petani Jual Kedelai ke Bulog

Mojokerto -Menteri Pertanian Suswono menghadiri panen raya kedelai hasil konsorsium pupuk hayati unggulan nasional di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto. Secara simbolis, Suswono hadir untuk memulai masa panen kedelai seluas 300 hektar di Kabupaten Mojokerto.

Usai memanen kedelai secara simbolis, di depan para petani Mentan Suswono menjanjikan pemerintah akan membeli kedelai petani seharga Rp 7.500/kg. Pembelian akan dilakukan melalui Perum Bulog di setiap daerah. Mentan mengimbau para petani tidak menjual kedelai ke tengkulak, tapi menjual kedelai secara langsung ke Bulog.


"Agar harga kedelai bisa stabil dan tidak merugikan petani, maka petani harus menjual ke Perum Bulog. Dan Perum Bulog siap membeli seharga Rp 7500 untuk satu kilogram kedelai. Tentu kadar airnya harus benar-benar sedikit sesuai standar Perum Bulog," kata Suswono.


Suswono menambahkan, pemerintah menargetkan produksi kedelai sebesar 1,5 juta ton selama 3 tahun bisa tercapai. Agar target tercapai, Kementerian Pertanian bersama Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyediakan 1 juta hektar lahan untuk ditanami kedelai di kawasan transmigrasi yang tersebar di 26 provinsi se-Indonesia.


Pada musim tanam tahun 2013/2014 ini, pemerintah menyediakan lahan seluas 155 ribu hektar dengan target produksi sebanyak 225 ribu ton. Pada tahun 2014 dan 2015 akan dibuka lahan seluas 400 ribu hektar dengan target produksi sebanyak 600 ribu ton. Selanjutnya dibuka 450 ribu hektar target produksi sebanyak 675 ribu ton. Penyediaan lahan ini guna mengurangi ketergantungan impor kedelai.


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!