OSO Securities: IHSG Cenderung Menguat

Jakarta -IHSG pada perdagangan kemarin bergerak bervariasi dengan rentang terbatas dan berhasil ditutup menguat 0.27% ke level 4,574.88 atau naik 12.11 poin. Kemarin investor tengah menunggu terhadap hasil rapat FOMC mengenai program stimulus. Sentimen dari dalam Negeri, katalis pergerakan pasar saham terutama rilisnya Kinerja Laporan Keuangan emiten pada Q3-2013. Di samping itu, data – data ekonomi Indonesia yang akan rilis pada awal November juga turut mempengaruhi pergerakan IHSG. Indeks sektoral BEI ditutup mixed dengan sektor industri dasar yang memimpin penguatan sebesar 1,47%.

Semalam bursa AS ditutup melemah terkena aksi profit taking setelah 4 hari berturut-turun mengalami penguatan. Indeks Dow Jones turun 0,39% ke 15.618,76, Indeks S&P turun 0,49% menjadi 1.763,31 dan indeks Nasdaq juga ikut melemah sebesar 0,55% ke 3.930,62. Rilisnya data ekonomi ADP Employment Change bulan Oktober yang hanya mengalami kenaikan sebesar 130 ribu dibandingkan bulan lalu 145 ribu serta inflasi AS bulan September yang hanya mengalami kenaikan 0.2% dari 0.1% pada bulan menjadi katalis pergerakan bursa AS di tengah muncul sentimen positif dimana The Fed mengumumkan hasil rapat untuk tetap melanjutkan program pembelian obligasi sebesar US$ 85 miliar per bulan hingga tingkat pengangguran turun dan inflasi terkendali atau sesuai dengan sasaran bank sentral AS.


Pada perdagangan akhir bulan Oktober kami perkirakan IHSG bergerak variatif dengan kecenderungan menguat. Sentimen positif dari AS dimana bank sentral yang tetap melanjutkan program stimulus serta rilisnya laporan kinerja emiten kuartal III 2013 menjadi katalis pergerakan IHSG. Secara teknikal, IHSG seperti membentuk hammer dan mendekati area upper bolingger bands. Indikator MACD bergerak mendatar dengan histogram negatif memendek, indikator stochastic berada di area overbought. Kami perkirakan IHSG bergerak pada kisaran support 4527-4610 resistance.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!