SBY Sebut Jembatan Kelok Sembilan Begitu Megah, Indah dan Membanggakan

Padang -Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan sejumlah infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum (PU) di Provinsi Sumatera Barat bersamaan dengan acara puncak Hari Pangan Sedunia ke-33 tahun 2013. Salah satu yang diresmikan adalah proyek jembatan Kelok 9.

SBY mengaku bangga terhadap infrastuktur jembatan kelok 9 yang megah dan indah. Dia pun mengatakan, jembatan kelok 9 merupakan ikon konstruksi yang monumental.


"Kemarin saya tinjau Jembatan Kelok 9 yang kokoh, megah dan indah, hasil karya anak bangsa yang membanggakan, bagi yang belum lihat langsung, datanglah. Saya percaya akan menambah rasa bangga terhadap Indonesia. Sebuah ikon konstruksi yang monumental," tutur Presiden SBY dalam sambutannya di Padang, Kamis (31/10/2013).


Sehari sebelumnya, Presiden SBY didampingin Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2 melakukan peninjaunan beberapa proyek infrastruktur di Sumatera, termasuk jembatan kelok 9.


Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, jembatan tersebut dirancang dan dibangun oleh putra-putri Indonesia dengan konsep green construction dan menggunakan produksi dalam negeri.


"Pembangunan Jembatan ini dilakukan dengan pendekatan green construction mengingat jembatan ini terletak di kawasan Suaka Alam yaitu di wilayah lembah dan pengunungan Bukit Barisan. Jembatan Kelok 9 dibangun karena kondisi jalan tersebut sebelumnya sangat sempit dengan radius tikungan yang sangat kecil sehingga tidak lagi mampu mengakomodasi kendaraan-kendaraan besar," papar Djoko.


Djoko menjelaskan, pekerjaan jembatan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tahun 2003 – 2011 dengan membangun empat buah jembatan yaitu jembatan nomor 3, 4, 5 dan 6 sepanjang 699 Meter, sedangkan tahap kedua dilaksanakan pada tahun 2012–2013 dengan membangun dua jembatan yaitu jembatan nomor 1 dan 2 sepanjang 244 Meter.Next


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!